Beranda > BOJONEGORO > SMK NEGERI 2 BOJONEGORO MEWAKILI BOJONEGORO DI PAWAI BUDAYA JATIM

SMK NEGERI 2 BOJONEGORO MEWAKILI BOJONEGORO DI PAWAI BUDAYA JATIM

Sebanyak 100 murid Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Bojonegoro dipastikan bakal ikut meramaikan Pawai Budaya Jawa Timur (Jatim) yang rencananya dilangsungkan 14 Oktober 2012 nanti.

Acara tersebut merupakan salah satu agenda Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jatim ke-67. Pawai budaya kali  ini merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan Pemprov Jatim. Sedangkan terpilihnya SMKN 2 Bojonegoro sebagai peserta tamu di acara tahunan tersebut setelah memenangkan juara pertama pawai budaya tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Bojonegoro beberapa waktu lalu.

Agus Sigro, salah satu guru kesenian yang juga mendapat kreator terbaik mengatakan akan memboyong kerbau mata merah pada pawai budaya Jatim. Sedangkan tema yang akan ditampilkan adalah” Boyong Projo” atau cerita asal muasal Kabupaten Bojonegoro. “Kami sudah koordinasi dengan Disbudpar setempat untuk mengikuti pawai budaya tersebut,” kata Agus.

Narasi singkat ” Boyong Projo” adalah cikal bakal Bojonegoro ditahun 1827, dimana pemerintah kolonial akan menyatukan Kabupaten Mojoranu, Padangan dan Baureno. Akan tetapi rencana itu tidak berjalan mulus, karena ada penolakan dari Raden Tumenggung Sosrodiningrat, Bupati Mojoranu.

Melihat kekuatan Bupati Mojoranu, pemerintah kolonial kemudian membentuk kerajaan baru bernama Rajekwesi yang dipimpin Djojonegoro. Kedua Kabupaten ini akhirnya terlibat pertempuran sengit. Peperangan itu akhirnya dimenangan Djojonegoro, dan rencananya akan mendirikan pemerinatah di Mojoranu. Tetapi sesuai mitos, daerah yang kalah dalam peperangan tidak layak dijadikan kota pemerintahan. Sejak saat itu dibuat sayembara dengan melepaskan kerbau tunggangan Djojonegoro.

“Kerbau itu menjadi penentu dimana ia berhenti, maka disitulah akan dibangun pusat pemerintahan,” papar Agus.

Dari situlah akhirnya diketahui, kerbau atau kebo (jawa) milik  Djojonegoro berhenti di tanah lapang yang sekarang adalah Alun-alun Kota Bojonegoro. Nama Bojonegoro sendiri diadopsi dari Kebo Djojonegoro.

About these ads
Kategori:BOJONEGORO
  1. lyssa, ST,MM
    21 Oktober 2012 pukul 8:01 am

    CARA JITU CEPAT LULUS TES TPA Oto BAPPENAS, PSIKOTES, TOEFL UJIAN SARINGAN MASUK CPNS/BUMN, S2 (PASCA SARJANA) UI,UGM,UNPAD, ITB,STAN, UI INTERNATIONAL (PASTI BISA)
    SPESIALIS PELATIHAN TPA/PSIKOTES/ TOEFL UI,UGM,UNPAD, ITB,STAN,UI INTERNATIONAL
    Ijin no:3789/PLSM/ I-133/VII/ 1995

    CARA JITU, CEPAT LULUS TES TPA, PSIKOTES &TOEFL UI (PASTI BISA)!
    Kami adalah Spesialis pelatihan TPA (Test Potensi Akademik)/PSIKOTES dan TOEFL memberikan pelayanan jasa pelatihan TPA dan TOEFL. Adapun pelatihan TPA, PSIKOTES dan TOEFL merupakan persyaratan Mutlak bagi Bapak/Ibu guna untuk mengikuti:
    – Tes untuk ujian saringan masuk CPNS dan BUMN
    – Tes untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang S1,Pasca Sarjana S2 untuk UMUM.
    – MEMBANTU REKAN-REKAN MAHASISWA/UMUM AGAR LULUS PSIKOTES DAN WAWANCARA KE PERUSAHAAN OIL AND GAS, BANK- BANK,CPNS, SERTA PERUSAHAAN MULTI NASIONAL LAINNYA DI SELURUH INDONESIA(SUDAH TERBUKTI).

    Note:
    – Biaya Belajar di Bayar di Muka
    – ± 80% peserta pelatihan Lulus tes S2,CPNS/BUMN di seluruh Indonesia
    (terbukti)

    HUBUNGI KAMI di:
    LYSSA,ST,MM / 021.71136838/ 0813 1879 2677
    Wisma Metropolitan 2,World Trade Centre, Jl. Jendral Sudirman,Jakarta

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 222 pengikut lainnya.