Beranda > PENDIDIKAN & BUDAYA > TUNJANGAN FUNGSIONAL BIKIN GURU RESAH

TUNJANGAN FUNGSIONAL BIKIN GURU RESAH

AYOBAI FACEBOOK INDONESIA BAGI-BAGI SAHAM GRATIS

BURUAN GABUNG

Untuk kesekian kalinya, guru kecil menjadi “korban” kebijakan. Belum hilang ingatan pencairan tunjangan fungsional (TF) untuk guru di bawah naungan Kantor Kementrian Agaman (Kemenag) dibuat resah perpindahan pencairan dana melalui rekening di Bank Mandiri ke Bank Rakyat Indonesia (BRI), kali ini guru kembali dikecewakan.

Data yang dihimpun blokBojonegoro.com di lapangan, Minggu (29/7/2012) menyebutkan, pertama kali pencairan TF setiap satu semester sekali Rp1,5 juta atau Rp250.000/bulan melalui rekening Bank Mandiri, tiba-tiba ada instruksi perpindahan bank. Padahal, banyak uang guru yang belum habis, tetapi dipaksa hangus.

“Bayangkan saja, kalau satu guru masih ada sisa saldo Rp30.000 dan hangus, maka jika se Bojonegoro tinggal mengalikan saja,” kata salah seorang guru di Kecematan Sumberrejo yang namanya takut disebut dengan nada kecewa.

Karena, rata-rata guru di desa tidak mempunyai rekening dan tidak banyak membutuhkannya. Jika membuka rekening, itupun karena ada TF. Jika harus dipindah bank, secara otomatis rekening lama sudah tidak dipakai lagi. “Kebanyakan guru MI hidupnya pas-pasan, jadi tidak membutuhkan rekening yang lama,” lanjutnya.

Guru lain menegaskan, pada pencairan semester pertama di tahun 2012 ini, guru-guru telah diberitahukan melalui pimpinan sekolah untuk mengurus rekening baru di Bank Mandiri. Sehingga, rekening di BRI hangus dan tidak bisa dipakai lagi jika saldonya minim.

“Kalau guru mau mengeluh, sudah sejak lama. Karena, keberadaan TF sangat dinantikan. Tetapi, kebijakan perpindahan rekening sungguh menambah sengsara guru tidak tetap (GTT),” sambungnya.

Jarang sekali menurut guru-guru ada yang memperjuangkan haknya. Tetapi oknum mengambil keuntungan dari guru MI, Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) cukup kelihatan sejak lama. Uang yang menjadi hak guru, masih dibuat “main-main” dan terkadang tidak transparan. “Kami hanya bisa berdoa saja, karena GTT MI, MTs dan MA kebanyakan orang-orang yang mengalah,” jelasnya.

Hingga kini, belum ada pernyataan resmi dari pihak terkait. Dan proses perpindahan rekening dari BRI ke Bank Mandiri mulai diurus oleh guru penerima TF di sekolah-sekolah di Kabupaten Bojonegoro. [lis/mad]BLOKBOJONEGORO

About these ads
  1. 15 Agustus 2012 pukul 2:56 am

    Sabar teman…………
    Bulan puasa banyak ujian dan cobaan, kita pasti pemenangnya

  2. 18 Oktober 2012 pukul 2:19 pm

    sabar teman manusia sekarang diciptakan untuk berkropsi sekarang pemimpin kita ini banyak yang tidak bener bisanya koropsi saja

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 220 pengikut lainnya.